Kamis, 02 Juli 2020

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah, Laporan, Proposal, Skripsi dan Cara Penulisan yang Baik dan Ideal


Halo, lagi dapat tugas membuat makalah, karya ilmiah, laporan, proposal atau bahkan sedang tahap awal membuat skripsi? Tentu kalian sampai di artikel ini karena kalian sedang mencari contoh kata pengantar bukan?

Kalian datang ke artikel yang tepat, berikut ini kita akan memberikan contoh kata pengantar untuk makalah, karya ilmiah, laporan, proposal, skripsi dan cara penulisan yang baik dan ideal.

Pengertian Kata Pengantar



Kata pengantar merupakan sebuah halaman khusus dalam sebuah karya tulis baik itu karya tulis ilmiah maupun karya tulis non ilmiah. Halaman tersebut berisi pandangan umum sebagai pendahuluan mengenai karya tulis tersebut. Dengan pandangan umum sebagai pengetahuan awal pembaca, kata pengantar diharapkan dapat menambah minat pembaca terhadap karya tulis tersebut.

Kata pengantar biasanya terletak di halaman awal karya tulis yang berisikan pembuka (biasanya ucapan syukur dan terimakasih), Isi (pengetahuan atau pandangan umum mengenai karya tulis tersebut), dan penutup (akhir dari kata pengantar).

Tapi tahukah kamu bahwa kata pengantar harusnya tidak dibuat oleh penulis karya tulis. Baik itu makalah, skripsi, tesis, disertasi maupun buku, harusnya kata pengantar dibuat oleh orang lain yang dianggap ahli atau pakar oleh penulis. Kata pengantar dibuat jika dan hanya jika suatu karya tulis diterbitkan secara publik.

Sedangkan di Indonesia hal ini sudah menjadi kesalahan umum dan jamak sehingga di anggap benar bahkan ditetapkan dalam pedoman skripsi berbagai kampus di Indonesia bahwa kata pengantar harus di buat oleh penulis. Hal ini tentu bertentangan dengan kaidah penulisan global dan juga pedoman publikasi ilmiah oleh kemenristekdikti 2017.

Kalian bisa membaca lebih lanjut artikel tentang kesalahan penggunaan kata pengantar di Indonesia. Kami harap pengetahuan ini bisa berguna, coba kalian debat guru atau dosen kalian hehehe seru kan.

Fungsi Kata Pengantar



Berdasarkan Pedoman Publikasi Ilmiah, maka fungsinya kurang lebih demikian. “Kata  pengantar  atau  sambutan  (foreword)  dibedakan  dengan  prakata,  sebab bagian ini ditulis oleh pihak yang bukan penulis. Umumnya yang memberipengantar atau  sambutan  ialah  pimpinan  lembaga  tempat  penulis  bernaung,  ketua  himpunan profesi,  atau  pribadi  yang  dianggap  pakar  oleh  penulis.  Muatan  kata  pengantar  ialah menyambut   terbitnya   buku,   manfaat   apa   yang   diharapkan   atas   terbitnya   buku, mengenalkan penulis, dan ucapan terima kasih.”

Oke setelah kalian mengetahui apa arti dan fungsi dari kata pengantar, berikut contoh kata pengantar yang baik dan ideal :

Kalian bisa menjadikan contoh kata pengantar berikut sebagai referensi atau menggunakan format yang kami sediakan. Kalian juga dapat mendownload contoh beserta format yang kami sediakan.

Contoh Kata Pengantar Makalah


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah memberikan kemudahan sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini dapat diselesaikan lantaran mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak. Terimakasih kepada Dr. Boediono M.Mpd selaku dosen mata kuliah Pengantar Kurikulum yang telah memberikan tugas makalah ini sehingga penulis dapat belajar lebih mendalam terkait perbandingan kurikulum KTSP dan K13.

Pada makalah ini penulis mengangkat topik perbandingan Jam sekolah pada KTSP dan K13. Dapat kita amati bahwa “full days school” menjadi fenomena yang marak di beberapa tahun terakhir. Mengingat penerapan K13 sudah dimulai dari tahun 2013 dan sudah berjalan 7 tahun dengan berbagai revisi.

Sebagai masyarakat awam, fenomena “Full days school” merupakan fenomena yang paling kentara. Hal ini sangat kontras dengan sistem KTSP dimana normalnya jam sekolah dilaksanakan setiap hari senin – sabtu di sekitar jam 6:30 – 13:30. Namun berbeda dengan KTSP, K13 memberlakukan jam sekolah yang cukup padat dari jam 6:30 sampai berkisar jam 4:00 dengan Sabtu dan Minggu libur.

Makalah ini bertujuan mengamati perbandingan tersebut dan apakah perubahan waktu belajar ini mempengaruhi tingkat prestasi siswa atau tidak. Makalah ini dibuat dengan sungguh – sungguh dan dibuat  semaksimal mungkin. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat dikemudian hari.

Surabaya, 2 Juli 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa sehingga kegiatan Pengamatan Lapangan Pendidikan (PLP) dapat diselesaikan tanpa adanya kendala yang berarti. Terimakasih kepada Ibu Drs. Ningsih M.pd selaku dosen pembimbing selama kegiatan PLP ini berlangsung. Tak lupa pula penulis haturkan termakasih kepada bapak Sangsono S.Pd selaku guru pamong di SMA 123.

Laporan ini dibuat untuk menyampaikan hasil pengamatan selama kegiatan Pengamatan Lapangan Pendidikan (PLP) Gelombang 1. Pembuatan laporan ini bertujuan untuk memenuhi tugas terkait Pengamatan Lapangan Pendidikan (PLP) dalam mata kuliah PLP 1.

Semoga laporan ini dapat  menjadi penilaian yang baik terhadap kegiatan pengamatan di SMA 123 dan semoga laporan ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat kedepannya.

Surabaya, 2 Juli 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah mencurahkan rahmat serta hidayat sehingga proposal kegiatan ini dapat terselesaikan. Terimakasih untuk segenap panitia kegiatan penanaman 1000 pohon yang telah mencurahkan dedikasi dalam persiapan pelaksanaan kegiatan ini.

Proposal ini bertujuan untuk meminta izin atas kegiatan penanaman 1000 pohon yang akan di hadiri oleh 250 peserta dari komunitas pecinta alam di lahan terbuka pelestarian mangrove. Kegiatan penanaman 1000 pohon ini bertujuan untuk melestarikan alam dan diharapkan dapat berdampak baik serta dapat dirasakan dampak yang positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Dengan segenap kerendahan hati, kami panitia kegiatan penanaman 1000 pohon mengharap perizinan untuk kegiatan tersebut.

2 Juli 2020

Sekertaris

Contoh Kata Pengantar Skripsi


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telahmemberi  rahmat  dan  hidayah-Nya,  sehingga  penulis  dapat  menyelesaikan  penulisanskripsi  ini  dengan  judul  “Pengaruh  Pelaksanaan  Audit  Internal  Efektivitas Pengendalian  Internal  TerhadapGood  Corporate  Governance(Studi  KasusPada  PT. Kereta  Api  Indonesia  (Persero)Daop  II  Bandung”.  Skripsi  ini diajukan  sebagai  salah  satu  syarat  untuk  menempuh  Ujian  Sarjana  Eonomi Program Studi Akuntansi di Universitas Widyatama.

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menyadari bahwa skripsi ini masihjauh  dari  sempurna  dan  masih  banyak  kekurangan  dikarenakan  oleh  segalaketerbatasan dan kemampuan yang penulis miliki. Namun penulis berusaha untuk mempersembahkan  skripsi  ini  sebaik-baiknya  agar  dapat  memiliki  manfaat  bagi banyak  pihak.  Oleh  karena  itu,  penulis  akan  menerima  segala  kritik  dan  saran yang membangun dalam perbaikan skripsi ini.

Dalam  penyusunan  skripsi  ini  penulis  banyak mendapat  bimbingan, dukungan, dan bantuan dari berbagai pihak, baik moril maupun materil, sehingga skripsi ini akhirnya dapat diselesaikan. Pada kesempatan ini dengan ketulusan hati yang paling dalam, penulis mengucapkan terima kasih yang begitu besar kepada:
  1. Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis.
  2. Orang  tua  tercinta,  Ibu Dwi  Yanti yang  selalu  memberikando’a,  semangat,  serta kasih sayang yang tiada hentinya agar penulis dapat menyelesaikan studi dan skripsi ini.
  3. Kakak tersayang Arie Ekadan Windi Atomoko yang selalu menemani, membantu, memberi dukungan ,dan semangat agar penulis bisa menyelesaikan skripsi ini.
  4. Bapak Bachtiar  Asikin,  S.E.,  M.M.,  Ak.,  CA.  selaku  dosen  pembimbing  yang  telah memberikan    waktu,    tenaga,    dan pikirannya    untuk    memberikan    petunjuk, pengetahuan, bimbingan dan pengarahan selama penyusunan skripsi ini.
  5. Bapak Syafdinal, S.E., M.Ak. selaku dosen co. pembimbing.
  6. Ibu Sri Lestari, S.H., M.H. selaku Ketua Badan Pengurus Yayasan Widyatama.
  7. Bapak  Dr.  H.  Islahuzzaman,  S.E.,  M.Si.,  Ak.,  CA.  selaku  Rektor  UniversitasWidyatama.
  8. Bapak  Dr.  R.  Wedi  Rusmawan  Kusumah,  S.E.,  M.Si.,  Ak.,  CA.,  selaku  Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.
  9. Ibu  Erly  Sherlita,  S.E.,  M.Si.,  Ak.,  CA.  selaku  Ketua  Program  Studi  Akuntansi  S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.
  10. Bapak Remon Gunanta, S.Pd., M.Si. dan Bapak Yoga Tantular Rachman, S.E., M.Si. selaku  Sekretaris  Program  Studi  Akuntansi  S-1  Fakultas  Ekonomi  Universitas Widyatama.
  11. Seluruh  Bapak  dan  Ibu  dosen  yang  telahmemberikan  ilmu  yang  tidak  terbatas selama kuliah di Universitas Widyatama.
  12. Seluruh  Staf  Perpustakaan  dan  Staf  Karyawan  Universitas  Widyatama  yang  telah melayani penulis serta membantu dalam kelancaran proses penyusunan skripsi ini.
  13. Seluruh Karyawan sertaPimpinan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Kota Bandung atas  kesempatan  yang  diberikan  sehingga  penulis  dapat  menyelesaikan skripsi ini.
  14. Sahabat-sahabat  chery  Zahra,  Ivo  ,Erin,  Shella,  Tika  yang  selalu  memberikansemangat dan dukungan kepada penulis.
  15. Sahabat-sahabat Riza,  Eva,  Fanita,Satria,  Mirza,  Ryan,  Prima,  Fadli  yang  selalu menemani saat penulis pengerjakan penelitian.
  16. Sahabat-sahabat CafĂ©  IjoAco, Arfan,  Andy  JB,  Andri,  Aries,Sigit,  Edwin,  Fahriz, Fajar,  Gurnita, Triana, Herry,  Jestri,  Lina,  Lucky,  Upil,  Jaldi,  Jisung, Ovi,  Mamen, Rian, Pea,  Sarah,  Taufan,  Opik,  Tono,  dan  Yuan,  terima  kasih selalu  memberikan tempat untuk bercerita, tertawa dan memberikan motivasi, dukungan, serta semangatbagi penulis.
  17. Sahabat-sahabat Pasteur Imut, April, Abduh, kiran, Diana yang selalu menemani danmemberikan motivasi bagi penulis
  18. Sahabat-sahabat  Barkad  Tebe,  Ditya,  Rachman,  Reza,  Hiram,  Nanda,  Iqbal,  Fadly, Dimas,   Denovan,   Akbar,   Alwan, Algadrie, Adrian   yang   selalu   memberikan dukungan dan doa bagi penulis
  19. Sahabat-sahabat KOMPILASI yang  selalu  memotivasi  dan  memberikan do’a serta semangat bagi penulis.
  20. Terima  kasih  untuk  A  Yuniaman  yang  selalu  memberikan  dukungan,  bantuan  sertasaran sampai terselesaikannya skripsi ini.
  21. Teman-teman  seperjuangan  Akuntansi  2012  Universitas  Widyatama  terima  kasihatas jalinan persahabatan serta kontribusi yang kalian berikan.
  22. Serta  semua  pihak  yang  tidak  dapat  penulis  sebutkan  satu  persatu,  namun  telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Akhir  kata,  dengan  segala kerendahan  hati  penulis  ucapkan  terima  kasih  yang  tidak terhingga   pada   semua   pihak   yang   terlibat,   dengan   harapan   semoga   penelitian   ini bermanfaat bagi semua pihak.

Bandung, April 2017

Penulis,
Bit Widiaji Pamungkas

Penulisan Kata Pengantar yang baik dan Ideal


Dalam penulisan kata pengantar di Indonesia, perlu kita garis bawahi beberapa aspek yang sering digunakan dan tidak lengkap jika tidak aspek tersebut. Hal ini cukup penting lantaran menggambarkan ideologi bangsa Indonesia, berikut aspek yang harus diperhatikan :

Ucapan Terimakasih dalam Penulisan Kata Pengantar


Indonesia merupakan negara dengan ideologi Pancasila dimana sila ke satu sampai lima sangat erat dengan hubungan, baik itu hubungan dengan sang pencipta maupun hubungan dengan sesama manusia. Hal ini dapat kita jumpai diberbagai karya tulis atau media tulis baik formal, non formal, fiksi maupun ilmiah.

Dalam penulisan kata pengantar, biasanya dibuka dengan puji sukur serta terimakasih terhadap tuhan yang maha esa serta dilanjutkan dengan ucapan terimakasih terhadap orang – orang yang berperan atau berpartisipasi dalam pengerjaan suatu karya tulis.

Baik itu berperan secara langsung seperti dosen pembimbing, narasumber, narawicara ataupun yang berperan secara tidak langsung seperti kedua orang tua, saudara, teman maupun pacar yang memberikan dukungan secara emosional.

Fun Fact : dalam skripsi kita diperbolehkan untuk ber ekspresi dengan sebebas – bebasnya menuliskan nama – nama orang siapapun itu yang kita anggap berpengaruh dalam pengerjaan skripsi. Bahkan kita bisa menuliskan pacar, gebetan, selingkuhan, cadangan, simpanan, kang cilok, kang bakso dan kang pecel dan lain sebagainya dengan ketentuan tidak lebih dari 2 halaman.

Penulisan nama ini diurutkan berdasarkan dari yang paling berpengaruh.

Menuliskan Alasan atau Tujuan Karya Tulis Tersebut Dibuat dalam Kata Pengantar


Dalam kata pengantar, kita perlu menyampaikan tujuan kita dalam pembuatan sebuah karya tulis. Hal ini dapat memberikan sudut pandang kita mengenai karya tulis yang kita buat. Kebanyakan dapat kita temui penulisan tujuan ini hanya sebatas “Untuk memenuhi tugas dari…”

Sebenarnya tujuan karya tulis dapat dikembangkan lebih baik. Untuk menarik minat pembaca. Alasan atau tujuan dalam kata pengantar suatu karya ilmiah harus menunjukkan bahwa kita memiliki ketertarikan terhadap topik yang dibahas dalam karya tulis tersebut. Kenapa demikian?

Sekarang coba posisikan diri kalian sebagai pembaca. Apakah kalian mau membaca sebuah karya tulis jika ternyata pembuat karya tulis tersebut bahkan tidak tertarik dengan topik yang dia bahas sendiri dan hanya melakukannya atas paksaan tuntutan tugas? Tentu tidak bukan!

Menuliskan Deskripsi Singkat Tentang Karya Tulis dalam Kata Pengantar


Untuk bagian ini, entah kenapa sangat jarang dituliskan dalam kata pengantar karya tulis di Indonesia. Terutama makalah. biasanya kata pengantar hanya berisi salam pembuka, puji syukur dan terimakasih, tujuan, serta penutup.

Dalam karya tulis professional, sebaiknya kita menuliskan deskripsi singkat sehingga pembaca mendapatkan gambaran atas karya tulis tersebut. Hal ini akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri dalam penilaian pembaca terhadap sang penulis serta karya tulis tersebut.

Jika kita menerapkan hal ini dalam kata pengantar di tugas sekolah maupun kuliah, mungkin guru atau dosen kita akan memberikan nilai tambah atau bahkan berprasangka baik secara subjektif terhadap kita maupun karya tulis kita.

Hal ini bukan tanpa alasan melaikan dengan kita menuliskan deskripsi singkat mengenai karya tulis kita, kita sudah 1 langkah lebih unggul dari mereka yang menulis kata pengantar yang mainstream di Indonesia. Sehingga pembaca, dalam kasus ini guru atau dosen kita akan mendapati bahwa karya tulis kita berbeda dari kebanyakan karya tulis siswa atau mahasiwa lain.

Penulisan Penutup dalam Kata Pengantar


Untuk menutup sebuah kata pengantar tidak harus melulu dengan kata maaf atau merendahkan diri. Diluar sana dapat kita temui, baik itu kata pengantar maupun contoh kata pengantar yang menuliskan “Kami sadar bahwa karya tulis ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu kritik dan saran yang membangun akan sangat berguna”.

Bagi saya pribadi, penulisan tersebut bersifat merendah dan tidak percaya diri terhadap apa yang sudah di tulis. Boleh saja kita menuliskan harapan atau ekspektasi terhadap karya tulis kita dibandingkan meminta maaf atau merendah seolah kita tidak percaya diri dan tidak melakukan yang maksimal dalam pembukatan makalah.

Dengan menuliskan harapan serta ekspektasi kita terhadap pembaca, kita menunjukan bahwa kita telah membuat karya tulis tersebut semaksimal mungkin sehingga kita percaya diri untuk ber ekspektasi. Tentu dengan penulisan ini kita juga harus benar – benar mengimbangi dengan upaya yang maksimal dalam pembuatan karya tulis tersebut.

Jika tidak, maka pembaca dapat menemukan banyaknya kesalahan sehingga harapan dan ekspektasi kita terhadap karya tulis tersebut akan menimbulkan prasangka bahwa kita tidak serius dan meremehkan dalam pembutan karya tulis tersebut.

Kesimpulan


Amat disayangkan memang di Indonesia negara kita tercinta ini merupakan negara yang tergolong gawat literasi. Hal ini dapat kita jumpai dalam penulisan maupun pembacaan suatu karya tulis. Masih banyak yang asal comot template karya tulis dan ganti sesuai kebutuhan tanpa memperhatikan benar atau tidaknya template tersebut.

Hal ini ditambahkan dengan pembaca yang tidak bijak. Nyatanya kata pengantar tidak benar – benar dibaca oleh pembaca. Itu kenapa pembuat sebuah karya tulis sering meremehkan kata pengantar. Sehingga timbulah “kesepakatan” secara tidak langsung karena banyak yang menggunakan hal tersebut pun di benarkan. Sekian artikel kali ini, semoga sedikit contoh dan pandangan dari kami dapat berguna dan berpengaruh dalam perkembangan literasi di Indonesia. Terimakasih.

Referensi

  1. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengantar
  2. https://penandthepad.com/make-preface-8258662.html
  3. https://lppm.uajy.ac.id/pedoman-publikasi-ilmiah-2017

Related Posts