Jumat, 31 Juli 2020

Contoh Surat Keterangan Kerja

Halo, selamat datang di Pemudakaya.net. kali ini kita akan membahas mengenai surat keterangan kerja. Jika kalian sampai di artikel ini, kemungkinan besar kalian sedang membutuhkan format atau cara penulisan kata pengantar yang baik dan benar. baik semoga artikel kali ini bermanfaat dan relefan. selamat membaca.

Pengertian Surat Keterangan Kerja


Surat Keterangan Kerja merupakan surat yang menyatakan bahwa kita merupakan karyawan atau pekerja di suatu instansi maupun perusahaan yang sedang aktif bekerja dan atau pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Dalam kasusnya, pengurusan surat keterangan kerja berbeda – beda tergantung perusahaan tempat itu bekerja. Ada perusahaan yang langsung membuatkan surat keterangan kerja jika diperlukan atau diminta. Ada pula perusahaan yang menyerahkan pembuatan surat keterangan kerja pada karyawan dalam bentuk surat pernyataan lalu di legalisasi oleh pihak perusahaan dengan tanda tangan beserta stampel.

Jika kamu sampai di artikel ini, kemungkinan besar perusahaan kamu merupakan tipe ke 2 dimana kalian harus membuat sendiri surat keterangan kerjanya. Sebelum itu mungkin kalian bisa mencoba untuk meminta format dari perusahaan terlebih dahulu karena tiap perusahaan memiliki standar masing – masing.

Fungsi Suat Keterangan Kerja


Fungsi dari surat keterangan kerja sangat beragam. Banyak kepentingan – kepentingan yang memang meminta lampiran Surat keterangan Kerja ini, Antara lain :

Melamar Pekarjaan


Dalam melamar pekerjaan, pengalaman kerja merupakan salah satu aspek krusial yang selalu ditanyakan baik dalam surat lamaran kerja maupun saat interview. Hampir disemua bidang perusahaan lebih memprioritaskan pelamar yang memiliki pengalaman kerja karena dirasa sudah matang dan memiliki rekam jejak yang jelas dan tentunya lebih hemat ongkos bagi perusahaan karena tidak perlu melakukan trining.

Nah, surat keterangan kerja inilah yang membuktikan bahwa kita memang benar – benar pernah bekerja di suatau perusahaan dalam bagian atau bidang yang spesifik. Dalam surat keterangan kerja juga berisikan penilaian baik attitude maupun kinerja kita dalam pekerjaan sebelumnya.

Menjadi Persayaratan untuk Menarik dana BPJS Ketenagakerjaan


Sekarang ini hampir diseluruh perusahaan memasukkan sebagian gaji kita kedalam iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan kisaran 3-5%. Dalam keadaan tertentu kita perlu mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Salah satu syarat untuk menarik dana dari BPJS Ketenagakerjaan yakni menyertakan Surat Keterangan Kerja yang sekali lagi menjadi bukti bahwa kita memang benar – benar sedang bekerja maupun pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Kita dapat menarik dana BPJS Ketenegakerjaan walaupun belum berhenti ataupun masih berstatus pekerja di perusahaan tersebut. Tentunya dengan prosedur administrasi yang berlaku.

Melakukan Pinjaman ke Bank


Dalam kegiatan Kredit Bank, Bank selalu melakukan audit terhadap calon kreditor. Apakah calon kreditor dirasa mampu untuk meminjam dan melunasi kredit di kemudian hari. Dokumen pendukung pengajuan kredit bisa dibilang cukup variatif tergantung bidangnya.

Biasanya, untuk karyawan perlu menunjukkan slip gaji 3 bulan terakhir dan surat keterangan kerja sebagai dokumen pendukung. Ada pula item kredit tertentu yang mewajibkan surat keterangan kerja sebagai dokumen pengurusan.

Pengajuan Beasiswa Jalur Professional


Dalam pengajuan beasiswa jalur professional pastinya memiliki syarat “Bekerja dalam bidangnya minimal sekian tahun”. Surat keterangan kerja pastinya diperlukan dalam pengajuan beasiswa jalur tersebut.

Normalnya beasiswa jalur professional ini merupakan jenjang S2 dan S3. Baik beasiswa dari pemerintah maupun institusi swasta memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan kualitas mutu sumber daya manusia yang diharapkan dapat memberikan timbal balik kepada institusi atau perusahaan tersebut di kemudian hari.

Struktur dan Cara Penulisan Surat Keterangan Kerja


  1. KOP Surat
    kalian bisa meminta kop surat terbaru perusahaan tempat kalian bekerja dibagian personalia/SDM
  2. Nama dan Jabatan Penanggung Jawab
  3. Bio Data Pemohon
    bagian ini biasanya berisikan Nama, Alamat dan Jabatan pekerja
  4. Pernyataan
    bagian pernyataan ini berisikan informasi bahwa benar pegawai tersebut sedang atau pernah bekerja di perusahaan tersebut. Bagian ini juga berisikan periode kerja serta pernyataan perilaku kerja atau hal lain tergantung kepentingan pembuatannya.
  5. Tempat tanggal dibuat
  6. Nama dan jabatan (direktur atau personalia) beserta jabatan.

Jika disusun dalam bentuk gambar kurang lebih seperti berikut ini :

Contoh Surat Keterangan Kerja


Berikut contoh surat keterangan kerja yang kami dapat dari berbagai sumber dengan berbagai kepentingan :
Itu tadi artikel mengenai contoh surat keterangan kerja. Semoga dapat bermanfaat. Untuk tiap perusahaan pasti berbeda formatnya, silahkan meminta format di perusahaan masing - masing demi hasil yang sesuai.

Related Posts